Rabu, 04 Januari 2012

7 Tips Menghindari Stres

Stres merupakan hal yang sering dijumpai oleh orang di dunia ini. Hal itu tentunya mengganggu kehidupan kita sehari-hari. Banyak orang mencari cara menghadapi stress. Memang sangat tidak enak kalo sedang stres. Stres yang berlebihan membuat aktivitas terasa lebih berat dari aslinya. Apalagi jika level stres yang dihadapi lebih tinggi daripada kemampuan untuk  mengatasinya. Nah, karenanya Anda perlu membekali diri dengan kemampuan mengendalikan stres yang lebih hebat dibandingkan stres itu sendiri. Disini saya memberikan 7 tips untuk menghindari stres, yaitu:

1. Tidak hanya mengandalkan diri sendiri. Seringkali kita bergantung pada diri sendiri. Bahkan orang yang percaya kepada Tuhan masih sering bergantung kepada dirinya sendiri. Kita yakin dapat melakukan segala sesuatu dengan diri kita sendiri. Kita pikir kita dapat mengatur hidup kita dan mencapai rencana-rencana kita tanpa pertolongan Tuhan. Kita lupa bahwa berhasil tidaknya rencana-rencana kita ada ditanganNya. Kita mengabaikan eksistensi-Nya. Rencana-rencana sebaik apapun- hanya Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya. Kita tidak selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Sekalipun kita pintar, kaya, selalu sukses di masa lalu, kita bisa jatuh. Anda dan saya bisa gagal sebaik apapun usaha kita.

2. Membuat sasaran yang realistis. Kebanyakan orang membuat sasaran pribadi yang terlalu jauh tanpa memikirkan potensi dan fasilitas. Akal sehat diabaikan. Perhitungan rasional disingkirkan. Usahakanlah agar Anda tidak termasuk orang yang demikian. Bila Anda mempunyai kemampuan, bakat, dan keuangan yang baik, tetaplah menggunakan akal sehat untuk mencapai sasaran pribadi Anda. Benar kata sebuah nasihat, "Janganlah memikirkan melebihi dari apa yang sepatutmya kamu pikirkan."

3. Hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain. Kita sering membandingkan diri kira dengan orang lain. Kita merasa lebih pintar atau lebih hebat dari orang lain, tapi pada faktanya orang lain lebih berhasil dari kita. Bisa juga kita merasa tidak pintar sehingga membuat kita menjadi minder. Singkirkanlah pikiran-pikiran seperti ini. Jauhkan sikap membandingkan diri Anda dengan orang lain. Jangan biarkan Anda merasa minder dengan keberhasilan orang lain. Anda adalah Anda. Orang lain adalah orang lain.

4. Berolahraga secara teratur. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.

5.  Lakukan hobi anda, seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang anda senangi. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan. Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.

6. Lakukan meditasi. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.

Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.

7. Tidur secara teraturUsahakan agar selalu tidur pada waktunya. Ciptakan suasana tidur yang nyaman, jaga cahaya, kelembaban dan suhu udara kamar tidur. Lakukan ritual tidur yang menenangkan seperti berdoa, membaca bacaan ringan, dan memikirkan yang indah-indah, hindari memikirkan masalah pekerjaan dan beban pikiran yang berat pada saat hendak tidur. Jangan tidur dalam keadaan lapar dan kekenyangan, karena keduanya akan menganggu tubuh kita beristirahat dengan baik, sehingga bangunnya pun akan terganggu.

SEMOGA BERMANFAAT :)