Senin, 09 Januari 2012

10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Sedang Menyetir

1. Menyetir sambil makan
Hal ini kerap kali dilakukan oleh pengendara yang tidak ada waktu untuk sarapan dan sedang terburu-buru menju kantor. Saran dari kami adalah tahan sejenak keinginan untuk makan atau hentikan mobil dan cari tempat untuk makan. Bisa di warteg, rumah makan, atau di tempat lainnya yang nyaman untuk mengisi perut yang kosong, sejelek-jeleknya tepikanlah mobil sejenak lalu makanlah dengan satai di kursi mobil Anda. Kalau keduanya tidak bisa, usahakan bangun pagi dan berikan waktu pada anda sendiri untuk sarapan.ok?





2. Menyetir sambil make-up (girls only)

Biasanya ini dilakukan oleh wanita karir yang baru merintis kerja di suatu perusahaan/kantor atau bisa dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengejar part-time atau pergi ke kampus. Walaupun memang cuma memakai lipstik atau bedakan, pasti mata konsen ke kaca dan tidak konsen terhadap jalanan yang mungkin di depannya ada orang yang sedang menyebrang atau ada kendaraan yang mengerem mendadak. Jadi, jangan melakukan hal ini lagi ya. Saran dari kami ya make-up nya bisa di tempat kerja / kampus dengan dalih mau ke toilet sebentar.


jangan membaca saat sedang mengemudi


3. 
Menyetir sambil baca buku, koran, majalah, dll
Hal ini bisa membuat mata dan pikiran kita konsentrasi ke buku/koran/majalah tersebut. Jadi bisa terjadi kecelakaan juga karena hal ini. Jadi, luangkanlah waktu anda untuk mendapatkan informasi dengan baik tanpa harus membahayakan keselamatan anda dan orang lain. Kegiatan ini hanya boleh dilakukan saat Anda terjebak kemacetan yang sangat parah.





Seperti banyak imbauan mengenai hal ini, ketika kita sedang merasa kantuk lebih baik kita beristirahat sejenak atau bisa dicoba dengan meregangkan otot-otot yang kaku, dengan cara ini diharapkan saraf-saraf yang membuat rasa kantuk datang akan mereda dan menjadikan kita fresh kembali.



5. Menyetir sambil menelpon
Saya pernah membaca suatu artikel bahwa ketika kita sedang menelpon/ditelpon orang pada saat menyetir (baik langsung ditempelkan di telinga atau hands-free) otak kita akan lambat dalam merespon keadaan lingkungan. Hal ini akan berakibat bahaya bagi orang lain. Jadi, usahakan HP anda dalam keadaan non-aktif/silent pada saat berkendara. Walaupun ada hal urgent yang sedang terjadi, usahakan jangan menerimanya terlebih dahulu atau anda bisa berhenti sejenak dengan menepikan kendaraan anda lalu anda bisa menerima panggilan tersebut.




6. Menyetir sambil sms-an
jangan sms-an saat menyetir
Hal ini akan membuat mata kita tidak konsentrasi ke jalanan. Pasti anda tau akan bahaya hal ini. Jadi jangan coba-coba.



larangan menggunakan kacamata untuk gaya saat mengemudi, bahaya


7. Menyetir pake kacamata untuk gaya
Hal ini akan menghalangi jarak pandang kita. Kalau silau, coba pakai kacamata yang agak gelap atau dengan memakai penghalang matahari yang biasanya ada di bagian atas (namanya saya lupa..^^)





merokok sambil mengemudi bahaya


8. Menyetir sambil merokok
Merokok akan membuat kita buka kaca, dan membuat kita tidak konsentrasi karena harus buang abu rokok secara terus menerus dan yang pasti membuat bumi makin panas akibat karbon dioksida yang dikeluarkan asapnya.








9. Menyetir tanpa Seatbelt
selalu gunakan sabuk pengaman

Terkadang memang membingungkan melihat orang-orang yang menyetir mobil dan tidak memakai seatbelt. Padahal kita semua sudah tahu akan manfaat dan fungsi dari seatbelt. Sudah banyak pengendara mobil diselamatkan karena seatbelt dan tidak sedikit pula yang meninggal karena tidak menggunakan seatbelt. Kami tahu bahwa anda adalah orang yang berpendidikan dan tahu mana yang bermanfaat untuk anda.



mabuk saat mengemudi sangat bahaya

Hal ini sangat fatal dan sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang dalam keadaan mabuk ringan atau berat berkendara mobil. Ini akan membahayakan nyawa anda sekaligus membahayakan pengendara lain.





sumber: kucoba.com