Sabtu, 14 Januari 2012

9 Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang


Jika Anda ingin mengontrol berat badan, maka mulailah dari pilihan makanan yang tepat. Konsumsilah makanan bergizi tinggi yang mampu menyediakan cukup energi, namun tak membuat Anda kalap saat memakannya. Ahli gizi Sneha Jain membuat daftar sembilan makanan yang membuat Anda merasa cepat kenyang, tanpa membuat gemuk seperti yang dikutip dari Times of India. Berikut ini adalah 9 makanan yang dapat membuat Anda cepat kenyang:




1. Ikan Berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel dan sarden mengandung banyak asam lemak omega-3 yang selain dapat menurunkan kolesterol, juga mempercepat laju metabolisme. Asam lemak omega-3 mengubah tingkat leptin – hormon yang secara langsung memengaruhi metabolisme dan menentukan apakah tubuh Anda akan membakar kalori atau menyimpannya sebagai lemak. Cara terbaik mengolahnya adalah dipanggang dan menghidangkannya dengan sayuran rebus.

2. Buah Citrus
Buah-buahan seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis kaya akan vitamin C dan serat. Vitamin C membantu lemak tubuh lebih cepat diproses dan juga merangsang asam amino yang dikenal sebagai karnitin – yang dapat mempercepat kapasitas pembakaran lemak tubuh. Buah jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi dan menyediakan sekitar 50 sampai 75 kkal, yang dapat membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lama.

3. Sayuran Hijau
Bayam, asparagus, dan brokoli memiliki efek termal yang tinggi pada tubuh dan rendah kalori. Hal ini menjadi mustahil bagi sayuran-sayuran hijau untuk disimpan sebagai lemak karena sebagian besar kalori dari sayuran hijau dibakar dalam proses pencernaan. Selain itu, serat dalam sayuran hijau mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu Anda merasa kenyang.

4. Popcorn
Popcorn kaya serat dan rendah kalori. Selain itu, karena popcorn membuat mulut kita sibuk mengunyah untuk waktu yang lama, popcorn dapat menghasilkan tingkat kekenyangan yang tinggi. Akan tetapi, sebaiknya hindari popcorn yang terlalu banyak mengandung mentega, karamel, dan berbagai jenis keju.

5. Oatmeal
Oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Oatmeal melepaskan energi secara perlahan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga membuat gula darah dan tingkat insulin stabil – yang membantu mencegah penyimpanan lemak di dalam tubuh. Oatmeal adalah sereal untuk sarapan yang paling mengenyangkan, memberikan lebih banyak protein per porsi daripada jenis biji-bijian lain. Mencampur oatmeal dengan yoghurt atau susu skim dan itu akan membuat Anda kenyang sepanjang pagi.

6. Almond & Kenari
Kacang yang tidak mengandung garam, terutama almond dan kenari, menyediakan serat-serat yang penting untuk tubuh, seperti protein, lemak, mineral, dan mikronutrien. Mengunyah kacang-kacangan jenis ini membuat Anda merasa kenyang dan memiliki energi lebih lama tanpa menambah ukuran lingkar pinggang Anda.

7. Susu Rendah Lemak
Susu skim, keju rendah lemak, dan yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik, yang membantu memecah sel-sel lemak. Beberapa studi menunjukkan jika kita tidak mendapatkan kalsium yang cukup untuk tubuh, maka hal tersebut dapat memicu pelepasan calcitrol, hormon yang menyebabkan lemak tersimpan dalam tubuh.

8. Biji-bijian
Jowar, bajra, dan ragi mengandung karbohidrat kompleks, yang melepaskan glukosa perlahan ketika dipecah selama pencernaan. Glukosa membantu menjaga tingkat gula darah Anda. Biji-bijian juga merupakan sumber makanan yang kaya serat dan vitamin B kompleks, yang memainkan peran penting dalam kontrol metabolisme.

9. Apel
Kadar air dan serat yang cukup tinggi adalah alasan mengapa Anda merasa kenyang setelah makan apel. Kulit apel mengandung serat pektin yang dapat larut – yang merupakan salah satu faktor penekan nafsu makan. Memakan buah apel setiap harinya dapat membuat berat badan Anda berkurang.