Kamis, 05 Januari 2012

7 Burung Ter- di Dunia






1. Burung Tercepat di Dunia:

Peregrine Falconkecepatan maksimum 389 km/jam
Ini dia,burung yang sedang santer di bicarakan oleh para peneliti.Burung ini bernama Peregrine Falcon (sejenis alap-alap) yang nama latinnya : Falco peregrinus. Hidup di bagian utara Amerika, digolongkan dalam ‘birds of prey‘ (burung-burung pemangsa)






2. Burung Tertinggi di Dunia:




birdcrane (keluarga Gruidae)
memiliki tinggi hampir 6 ft 6 inci.









3. Burung Terbesar di Dunia:

Burung unta. Mereka lebih tinggi dari kita. Seekor burung unta bisa mencapai tinggi dua setengah meter dan berat 120 kilogram. Burung ini, yang hidup secara berkelompok di Afrika Tengah, tidak dapat terbang. Sebagai gantinya, burung unta mempunyai kemampuan lain supaya mereka dapat lepas dari pemangsanya: Mereka dapat berlari sangat cepat dengan kakinya yang panjang. Mereka berlari begitu cepat sehingga tidak ada seorang pun yang dapat menandinginya. Burung unta adalah binatang berkaki dua yang berlari paling cepat dan kecepatannya dapat mencapai 70 kilometer per jam.








4. Burung Terkecil di Dunia
Burung kolobri lebah (Mellisuga helenae) lebih mirip serangga. Tetapi kenyataannya, ia adalah burung terkecil di dunia. Ya, sebenranya, hanya burung jantan – yang panjangnya kurang dari lima sentimerter – yang berhak menyandang helar tersebut. Burun betina lebih panjang sekitar seperenam inci (sekitar 0,6 cm). Keduanya berbobot kira-kira dua gram. Bila terbang, sayapnya mengepak sebanyak 80 kali perdetik – terlalu cepat untuk mata manusia melihat kepakan itu. Burung-burung itu biasanya bertempat tinggal di puncak-puncak pohon setinggi 100 kaki (sekitar 30 meter) di hutan-hutan di Kuba dan membangun sarang yang terbuat dari benang laba-laba sebesar tak lebih dari cangkir anak-anak. Seperti kebanyakan burung, makanan utama mereka adalah nektar amat manis yang didapat dari leher bunga-bungaan hutan. Mereka juga menyantap serangga dan laba-laba kecil sebagai makanan tambahan. Burung-burung mungik ini amat independen, kawin hanya selama beberapa detik untuk kemudian masing-masing kembali ke keadaan mereka yang menyendiri.


5. Burung dengan Paruh Terbesar di Dunia:

Pelikan Australia (Pelecanus conspicillatus)
Ukuran: Panjang paruh 49 cm
Panjang tubuh: 1,6-1,8 m
Bentangan sayap: 2,5 m
Berat:  4-13 kg
Makanan: Ikan
Penyebaran: Australia, Papua New Guinea, Fiji, sebagian Indonesia, dan Selandia Baru




6. Burung dengan Sayap Terbesar di Dunia:

Burung dengan rentang sayap terbesar di dunia adalah The Wandering Albatross  dengan rentang lebih dari 5 m dari ujung ke ujung (kebayang besarnya kayak apa). The Wandering Albatross hidup di lautan selatan dunia dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut kecuali beristirahat.





7. Burung Perenang Tercepat:
Gentoo Penguin. pinguin ini ditemukan di Kepulauan Antartika bisa berenang 40 km per jam. Populasi yang besar ditemukan di Georgia Selatan, Kepulauan Falkland, dan Iles Kerguelen. Paruh berwarna oranye dan corak putih di belakang mata yang membedakan gentoos hitam putih dengan spesies chinstrap.

Bulu ekor panjang kaku menempel di belakang saat mereka berjalan, sering digunakan untuk memiringkan ketika di air, tidak ada penguin lain yang memiliki ekor seperti itu. Mereka berkembang biak di musim dingin di pulau-pulau sub-Antartika bagian utara dan menelurkan dua butir telur pada awal Juli. Bisa menyelam sedalam 300 “ meskipun mangsanya biasanya berada di tempat yang dangkal. Kebanyakan penyelaman hanya berlangsung setengah menit.