Selasa, 03 Januari 2012

7 Ciri - Ciri Lawan Bicara Sedang Berbohong

Dari semua perilaku manusia, mungkin berbohong adalah salah satu yang sulit dideteksi. Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu anda cara mendeteksi ketika seseorang berbohong, antara lain: 

1. Ketika menjawab pertanyaan perhatikan mata si lawan bicara. Anda akan melihat bahwa orang yang berbicara pada anda menghindari kontak mata. Matanya akan lebih sering berkedip atau berputar ke arah lain. Hal ini mengindikasikan kondisi mental yang tidak nyaman. Dan apabila bola mata orang tersebut bergerak ke arah kiti, kemungkinan jawabannya jujur. Jika seblaiknya, kemungkinan orang itu bohong. Ini dikarenakan bagian otak kiri berfungsi sebagai Auditory Memory, sedangkan orak kanan untuk kreatifitas. Jadi, bila bola mata ke kiri berarti dia berusaha mengingat, bila sebaliknya berarti dia sedang menyusun atau menggambarkan sesuatu jawaban yang lain. Hal ini karena bagian kreatifitasnya sedang bekerja untuk mengaran suatu cerita bohong.

2. Badan berkeringat, nafas mulai berat, nada suara meninggi atau menurun, badan dan wajah terlihat kaku khususnya bagian dahi dan bibir. Tangan banyak bergerak (saling menggosok nggosokkan tangan,menggosok hidung, menutup mulut).

3. Gerakan kakinyaPerhatikanlah saat seseorang yang sedang berdiri, lihatlah saat kaki mereka muali mengetuk ke tanah. Sudah pasti mereka sedang menjadi pembohong. Dan juga saat Pembohong sedang duduk, maka kemungkinan besar dia akan mengayun-ayunkan kaki mereka.

4. Membuat senyum palsuAndaikata teman anda menyeringai maka itu adalah senyum palsu dan menunjukkan sebuah kebohongan. Karena senyum yang sebenarnya saat sebuah senyum merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan mata.

5. Ketidak konsistenan. Perhatikanlah jika si lawan biacara sedang berbicara, jika anda menemukan kata/kalimat yang tidak konsisten dengan apa yang dikatakannya sebelum itu, berarti kemungkinan besar dia berbohong.

6. Melebih-lebihkan usahanya. Ini berarti dia sangat bangga pada dirinya pada saat itu, mungkin juga mengatakan hal-hal besar yang tidak dilakukannya. Hal-hal yang tidak pentingpun keluar dari mulutnya.

7. Katakan saja "kamu bohong ya?" di saat itu dia akan segera merasa tersinggung. Hal yang sama terjadi dalam kasus percakapan melalui telepon. Orang yang berbohong cenderung menutup telepon ataucepat-cepat mengubah topiknya.

SEMOGA BERMANFAAT :)