Senin, 21 Mei 2012

Penyebab Sering Kecapekan di Siang Hari

Mungkin ada banyak dari Anda yang seringkali merasakan rasa kelelahan di siang hari. Sekalipun sudah mengonsumsi kopi atau suplemen, rasa itu tetap ada dan mengganggu aktivitas sepanjang hari. Kalau itu sering terjadi pada diri Anda, coba perhatikan kebiasaan harian Anda. Siapa tahu penyebabnya dari kebiasaan Anda yang salah.




Ada beberapa sebab yang membuat badan Anda kelelahan di siang hari:
Kurang tidur di malam hari. Waktu yang ideal untuk untuk memenuhi kebutuhan tidur malam adalah 6-8 jam . Kalau kurang dari itu biasanya tubuh merasa kelelahan saat menjalani aktivitas sepanjang hari.Solusinya, tubuh harus dipaksa untuk beristirahat.
Tidak ada waktu berolahraga. Seringkali kesibukan rutinitas membuat seseorang tidak sempat memberikan waktu khusus untuk berolahraga. Padahal, olahraga begitu penting artinya untuk menjaga kebugaran dan melapaskan stres. Stres yang tinggi membuat tubuh lebih cepat lelah. Olahraga selain menekan tingkat stres juga memberikan rasa senang dengan  “keluarnya hormon bahagia”. Ini membuat rutinitas terasa lebih bersemangat.
Terlalu cemas. Rasa gelisah dan cemas yang dirasakan tiap hari dari pekerjaan membuat tekanan darah meningkat. Akibatnya, tubuh merespons dengan negatif. Oleh karena itu, sempatkan melakukan aktivitas yang memberikan relaksasi bagi pikiran.
Malas sarapan. Pentingnya sarapa adalah memberikan energi dari pagi hari sampai jelang waktu makan siang. Akibatnya, Anda merasa  lesu akibat terganggunya sekresi hormon.
Kurang cairan. Kadang orang yang terlalu sibuk sampai lupa untuk minum. Dehidrasi pun menyerang dan berakibat pada rasa lelah.