Kamis, 31 Mei 2012

Kendalikan Pikiran Dengan Perkataan




Pikiran akan sangat mempengaruhi tindakan. Apapun yang anda pikirkan bisa menjadi pemicu apa yang akan dilakukan. Jika pikiran anda selalu positif, anda pun akan selalu bertindak positif. Bila pikiran negatif mendominasi anda, berhati-hatilah karena kemungkinan besar tindakan anda akan didominasi hal negatif. Kemampuan mengendalikan pikiran adalah salah satu kunci sukses dalam mengarungi kehidupan.
Salah satu yang mempengaruhi pikiran adalah perkataan. Bisa perkataan yang disampaikan oleh orang lain, bisa juga perkataan dari diri sendiri (self talk). Mungkin anda pernah mengalami dimarahi seseorang dengan perkataan yang tajam menyayat hati. Anda merasa terhina dan tak berdaya. Perkataan memang tidak menyakitkan badan tapi membuat hati terluka. Pikiran negatif pun akan bermunculan. Mulai dari ingin membalas omelan hingga mau balas dendam.


Selain perkataan orang lain, pikiran kita sebenarnya lebih banyak dipengaruhi oleh perkataan kita sendiri. Secara sadar atau tidak kita sangat sering berbicara kepada diri sendiri. Memang lebih banyak tanpa suara hanya di dalam hati saja. Jadi apa yang kita katakan kepada diri kita sendiri itu harus bermuatan positif agar pikiran pun ikut terbawa arus positif.  Sayangnya sebagian orang sering berkata negatif kepada dirinya sendiri.
Contoh kata-kata negatif yang sering diucapkan kepada diri sendiri misalnya:
1. Saya tidak bisa mengerjakannya
2. Saya benci matematika
3. Saya malu bicara di depan umum
Perkataan negatif akan mempengaruhi pikiran sehingga anda tidak memiliki kemauan untuk melakukan sesuatu. Kalau pikiran anda sudah bilang tidak bisa, pasti anda tidak akan tergerak untuk berbuat. Mencoba saja pasti tidak mau. Apalagi jika virus kebencian sudah merasuki pikiran. Kita akan menjauhi apa yang kita benci. Jika anda benci matematika, segala sesuatu yang berbau matematika akan dihindari. Bagaimana mau bisa kalau selalu menghindar untuk belajar?
Untuk itu, cobalah lebih sering memasukkan kata-kata positif ke dalam pikiran. Contoh kata-kata positif yang bisa diucapkan kepada diri sendiri misalnya:
1. Saya bisa mengerjakannya
2. Saya suka matematika
3. Saya mau bicara di depan umum
Kata-kata positif seperti BISA, SUKA, MAU dan sebagainya adalah pemicu motivasi untuk beraksi. Jika kata-kata seperti ini selalu anda ucapkan kepada diri anda sendiri, anda akan menjadi pribadi yang penuh semangat. Siap menerima tantangan dan menghadapi rintangan. Perkataan positif itu mempengaruhi pikiran anda untuk berani berbuat.
Apapun yang orang lain katakan tentang anda terutama yang negatif, jangan sampai mempengaruhi pikiran anda. Kendalikan pikiran anda dengan perkataan anda sendiri. Walaupun orang lain bilang anda BODOH dan TIDAK BISA, selalu katakan kepada diri anda sendiri kalau kita itu CERDAS dan BISA. Terus lakukan self talkini berulang-ulang. Kita cerdas dan bisa.
Pikiran anda sangat tergantung kepada perkataan yang anda katakan kepada diri anda sendiri. Anda ingin sukses? Tanamkan kata-kata positif ke dalam pikiran anda dari sekarang.