Jumat, 06 Juli 2012

5 Keuntungan Internet Marketing untuk Bisnis/Usaha



keuntungan pemasaran internet marketing
Semakin hari, semakin banyak bisnis/usaha yang mendapatkan keuntungan dari internet marketing (pemasaran internet), baik itu bisnis skala kecil maupun besar. Zaman telah berubah, dan para pelaku bisnis harus dapat menggunakan manfaat sebesar-sebesarnya yang bisa di dapat dari internet untuk perkembangan bisnis masing-masing.
Sekarang bukan lagi masanya melakukan promosi dengan brosur, dan internet tidak hanya milik para gamers dan si genius teknologi  . Internet saat ini adalah tempat dimana sebuah brand bertemu dengan banyak orang dan membentuk komunitas; dimana berbagai pendapat dan informasi saling berseliweran mulai dari politik, isu, hingga ke dunia bisnis dan usaha.




Mengapa tidak mengambil keuntungan dari keadaan tersebut?

Berikut ini adalah 5 keuntungan internet marketingyang bisa didapatkan para pelaku bisnis:
Objektif dan Tepat Sasaran (highly-targeted)
Pemasaran di internet akan lebih tertarget dari media lainnya. Misalnya di televisi ditayangkan iklan pasta gigi dan dilihat oleh banyak orang, namun tidak ada yang memperhatikan atau bahkan terpengaruh dengan tayangan tersebut. Hal tersebut karena orang-orang sedang tidak mencari atau membutuhkan pasta gigi. Mereka menonton karena ingin mencari hiburan, bukan produk.
Bandingkan dengan pemasaran di internet. Orang akan cenderung mencari apa yang mereka butuhkan atau mereka inginkan. Pada titik ini, calon konsumen sudah terklasifikasi ke dalam banyak kategori, dengan tujuan yang jelas. Mereka mencari sesuatu, karena itu mereka menggunakan mesin pencari.
Ketika pelaku bisnis memiliki website yang berhubungan dengan yang dicari, maka mereka akan mengunjungi web tersebut. Pada titik ini, pemilik bisnis memiliki pengunjung yang sangat tertarget dan potensial. Atau jika pelaku bisnis memasang iklan pada website yang berhubungan dengan produk/jasanya, maka iklan tersebut akan dilihat oleh orang-orang yang tertarget.
Ya, kampanye internet marketing memiliki peluang lebih besar mendapatkan konsumen dibandingkan dengan media offline, karena ‘target’ akan datang dengan sendiri, dan membuat mereka menjadi potensial.
Terukur (measurable)
Satu masalah yang paling membingungkan dari kampanye pemasaran tradisional adalah menentukan teknik-teknik mana yang lebih efektif dari yang lainnya. Apakah brosur, iklan di media, dari surat kabar? Tentu susah untuk mengetahui dari mana konsumen datang, kecuali si pengiklan memang hanya menggunakan satu metode saja.
Tapi tidak dengan pemasaran online. Dengan teknologi yang ada saat ini, setiap pengiklan bisa mengetahui dengan pasti teknik mana yang paling efektif dibandingkan yang lainnya. Iklan di website bisa diukur dari jumlah klik yang didapat. Teknik blog marketing bisa diketahui dengan pasti hasilnya dari aksi konsumen yang langsung menghubungi pemilik bisnis via komentar, email atau lengsung menelpon. Email marketing bisa diketahui langsung hasilnya melalui follow-up yang dilakukan konsumen. Setiap trafik yang menuju website bisnis juga bisa diketahui dengan pasti dari mana asalnya.
Dari itu semua, pemilik bisnis bisa mengukur teknik-teknik apa saja yang berhasil dan yang tidak, sehingga bisa mengeliminasi campaign yang tidak profit.
Efektivitas Biaya (Cost Effectif)
Dari segi biaya, internet marketing jauh lebih murah dibandingkan promosi offline, dengan hasil yang lebih tertarget dan terukur. Memasang iklan di televisi atau surat kabar tidaklah murah. Namun pemilik bisnis bisa membuat sebuah blog untuk marketing dengan gratis. Tidak Murah vs Gratis. Memasang spot iklan pada website-website pun tidak akan semahal menyewa sebuah halaman di majalah untuk memasarkan produk.
Resiko Lebih Rendah
Bahkan dengan pengetahuian internet marketing dasar, setiap orang bisa menjalankan kampanye marketing. Dengan modal yang sedikit, bahkan gratis, pelaku bisnis bisa mengembangkan usahanya ke level yang lebih tinggi. Pelaku bisnis bisa melakukan eksperimen terhadap berbagai teknik pemasaran yang efektif melalui internet.
Lebih Sosial
Setiap orang paham bahwa segala sesuatunya menyebar di internet seperti virus. Dengan berpromosi secara online, brand/produk/jasa juga akan menyebar cepat dan luas dalam waktu yang lebih cepat. Orang yang tertarik akan membagikannya di social network; orang yang suka akan menuliskan review di beberapa tempat; orang yang pernah menggunakan produk/jasa akan merekomendasikannya kepada teman.
Internet marketing = Go social.