Minggu, 10 Juni 2012

Efek Negatif Kebanyakan Tidur

Seseorang yang terlalu lelah beraktivitas biasanya akan gampang sekali tidur baik dewasa ataupun anak-anak, meskipun tidak semua. Beberapa orang yang memang suka sekali dengan aktivitas ini akan sangat mudah sekali untuk tidur dimana saja dan kapan saja. Bahkan di tengah keramaian sekalipun, seseorang tersebut akan dapat dengan santainya tidur. Namun ternyata, tidur mengandung risiko kesehatan, sama halnya kurang tidur kelebihan tidur akan membuat tubuh beresiko mengalami gangguan kesehatan. Banyak peneliti yakin tidur melebihi 7-8 jam dapat mengganggu kesehatan selain tentunya orang-orang akan mencap sebagai pemalas Berikut ini beberapa gangguan yang disebabkan oleh kebanyakan tidur yang diambil Livestrong.





Gangguan kardiovaskular
Studi yang dilakukan Warwick Medical School sekitar tahun 2007 menemukan bahwa tidur terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Kesimpulan dalam studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari waktu normal 7-8 jam sehari setiap malam, berpeluang mengalami penyakit jantung sebesar 2 kali dibandingkan dengan orang yang tidur 7 jam tiap malam. 

Diabetes

Diabetes ternyata memiliki potensi besar untuk menyerang seseorang yang tidur secara berlebihan. Meski sebelumnya telah dipahami bahwa kurang tidur meningkatkan resiko serangan diabetes. Namun ternyata hal yang sama juga dialami oleh orang yang kelebihan tidur. Bahkan studi yang melibatkan beberapa orang responden menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari 9 jam tiap malam, memiliki potensi 50 persen lebih besar menderita diabetes meskipun hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang sebenarnya menyebabkan kondisi demikian. 

Sakit kepala

bagi seseorang yang sering/kebanyakan tidur akan merasa pusing dan mengantuk saat siang hari. Hal ini juga biasa terjadi di akhir pekan , dimana banyak orang yang menghabiskan waktu untuk tidur di waktu libur. Kebiasaan ini sebenarnya menyebabkan gangguan pola tidur normal pada saat hari kerja. Di samping itu kebanyakan tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala dan nyeri punggung.

Depresi

Ttidur bagi sebagian orang juga merupakan sarana efektif untuk melupakan permasalahan. Berbagai macam cara dilakukan untuk seseorang melupakan permasalahan yang membelit termasuk dengan tidur. Efek sampingsebenarnya juga akan menghinggapi orang yang terlalu banyak tidur diantaranya peningkatan risiko gangguan mental, seperti depresi. Seseroang yang mengalami depresi barnagkali akan merasa ingin lebih banyak tidur. Namun pada akhirnya gilirannya tidur berlebihan dapat memperburuk depresi itu sendiri. 

Tidur sebenarnya memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan tubuh. Relaksasi dan detoksifikasi tubuh terjadi saat seseorang tidur beristirahat. Banyak gangguan yang muncul karena tidur yang tidak sehat. Namun efek dari kebanyakan tidur layak untuk diperhatikan agar seseorang dapat mengatur waktu dan kuantitas tidur sehingga tetap pada jumlah yang ideal. Gunakan alarm untuk mengatur tidur Anda.




sumber