Selasa, 10 April 2012

Tips Mengontrol Emosi


Emosi adalah warna dari perasaan kita yang membuat hidup menjadi lebih menarik. Kita mengenal beberapa jenis emosi seperti senang, sedih, marah, cemburu, bangga, takut, merasa diterima, cemas, dan lain-lain.

Semua warna emosi bisa muncul kapan saja dan pada situasi apa saja dan pada waktu yang tidak dapat kita duga. Sebenarnya emosi merupakan hasil dari sesuatu yang kita pikirkan ketika menghadapi sesuatu yang jika diurutkan ; situasi - pikiran - emosi.

Sebagai contoh situasi, Anda terjebak macet di pagi hari dan saat itu seharusnya sudah ada di kantor. Pikiran Anda akan mencitrakan wajah bos atau pimpinan yang marah dan mengancam akan memecat Anda. Timbul emosi kesal, sedih dan takut.

Dari gambaran contoh tersebut jelas sekali bahwa pikiranlah yang membuat kita memiliki  emosi tertentu. Dalam situasi seperti itu hendaknya kita berpikir positif dan rasional, pikirkan bahwa bos atau pimpinan akan memahami penjelasan Anda tentang situasi di jalan. Dengan memikirkan hal yang lebih positif dan rasional tentunya emosi juga akan menjadi lebih baik.

Cara lain menurunkan emosi dan membuat tubuh lebih rileks adalah dengan menarik napas dan mengeluarkannya perlahan-lahan beberapa kali. Berlatihlah juga untuk tidak reaktif dalam menghadapi sesuatu. Berikan waktu yang cukup pada diri Anda untuk memutuskan akan memberi respon apa (responsif).