Selasa, 10 April 2012

Tips Mengatur Waktu Belajar

www.info-yazid.com
Tips Manajemen Waktu Belajar
Belajar adalah tugas bagi semua pelajar. Gak hanya buat yang di Indonesia, namun juga bagi seluruh pelajar yang mau belajar di Indonesia. Yang pada intinya semua butuh belajar untuk menjadi seseorang yang berpengetahuan.
Agar sistem penyerapan ilmu menjadi maksimal belajar sebaiknya jangan hanya dilakukan di sekolah saja. Tapi, perlu dilakukan di rumah. Di rumah belajar itu bisa sangat termanajemen dengan adanya pengawasan dari orang tua.
Karena kebanyakan orang tua sibuk dengan pekerjaan mereka, tidak jarang mereka tidak sempat mengawasi proses belajar anak-anaknya. Selain itu, kebanyakan pelajar di tingkat SMA jarang di awasi atau memang orang tua sudah tidak menguasai pelajaran SMA yang notabene pelajarannya sudah sangat tinggi.
Dalam hal ini perlu adanya kemandirian dari orang yang bersangkutan dalam belajar. namun, kebanyakan pelajar tidak mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif. Belajar efektif disini dimaksudkan adalah dengan pola waktu yang tepat namun bisa menyerap ilmu yang banyak.
Menurut beberapa ahli, waktu efektif seorang pelajar dapat menyerap ilmu adalah 3-10 menit. Selebihnya sudah kurang efektif. Oleh karena itu maka disini saya mencoba memberikan management belajar yang efektif.

Berikut beberapa tips manajemen belajar dirumah secara efektif:
1.      Belajarlah rutin tiap hari, dimaksudkan agar setiap pelajaran yang dipelajari di sekolahan dapat di review ulang dirumah. Selain itu agar materi pelajaran tidak menumpuk.
      2. Manajemen waktu belajar anda hanya 5-10 menit tiap kali belajar. namun di ulang pada saat-saat tertentu. Saya sarankan sore setelah tidur siang, malam habis magrib atau isya dan pagi sebelum dan sesudah sholat subuh, dengan kriteria:
a.       Siang: 10 menit
b.      Habis magrib/isya: 5-10 menit
c.       Sebelum sholat subuh 15 menit
d.      Sesudah sholat subuh 5 menit
Catatan: waktu bisa diatur semau anda

3.      Bagi pelajaran yang mau dipelajari sesuai berapa kali sehari anda mau belajar,dan
4.      Dahulukan pelajaran yang dianggap sulit terlebih dahulu untuk dipelajari
Dengan 4 cara diatas maka saya yakin proses belajar anda akan menjadi efektif dan maksimal, dan yang pasti proses belajar bukan lagi menjadis sebuah siksaan bagi anda.


sumber: http://www.info-yazid.com/2012/04/tips-manajemen-waktu-belajar.html